Kamis, 25 Agustus 2016

Budaya

Edit Posted by with No comments
Kota Batu yang dikenal dengan kota pariwisata dan kota sejuta pesona ini tentu banyak menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun internasional, sehingga tak heran jika banyak pengunjung yang menyebabkan kemacetan tiap akhir pekan atau libur panjang. Selain pariwisata, Kota Batu memiliki budaya yang juga menarik perhatian para wisatawan, berikut kebudayaan yang ada di Kota Batu

  1. Seni  Tradisional  Bantengan,  adalah  sebuah  seni pertunjukan  budaya  tradisi  yang menggabungkan  unsur  sendra tari, olah kanuragan, musik, dan syair/mantra yang sangat kental dengan  nuansa  magis.
    Seni  Bantengan  yang    telah  lahir  sejak  jaman  kerajaan jaman  Kerajaan Singasari  (situs  candi  Jago  –  Tumpang)  sangat  erat kaitannya dengan Pencak Silat. Walaupun pada masa kerajaan Ken Arok tersebut bentuk kesenian bantengan belum seperti sekarang, yaitu berbentuk topeng kepala bantengan yang menari. Karena gerakan tari yang dimainkan mengadopsi  dari  gerakan  Kembangan  Pencak  Silat.
    Permainan  kesenian  bantengan  dimainkan  oleh  dua orang  yang berperan  sebagai  kaki  depan  sekaligus  pemegang  kepala bantengan dan pengontrol tari bantengan serta kaki belakang yang juga berperan sebagai ekor bantengan. Kostum bantengan biasanya terbuat dari kain hitam dan topeng yang berbentuk kepala banteng yang terbuat dari kayu serta tanduk asli banteng.


    https://bantengannuswantara.wordpress.com
     

    Image result for tari sanduk2.   Sanduk adalah sebuah tarian yang dimainkan oleh banyak orang serta diiringi dengan musik pengiringnya. Tari sanduk dapat diikuti oleh semua orang tidak terkecuali dan tidak mengenal umur, baik anak-anak maupun orang dewasa. Tarian ini biasanya ditampilkan pada saat perayaan-perayaan tertentu maupun festifal yang diperlombakan. Sebenarnya tarian ini merupakan tarian khas asal Madura, namun karena banyak imigran asal madura yang datang ke kota batu sehingga tarian ini dikembangkan dan lebih sering dimainkan oleh penduduk kota batu.






     https://pandunuge.blogspot.com
     

0 komentar:

Posting Komentar